Diklat Prajabatan Membentuk Sosok Pegawai Negeri Sipil Yang Berkompetensi

0 komentar

Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah unsur utama sumber daya manusia yang memiliki peranan penting dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Sosok Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang mampu memainkan peranan tersebut adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memiliki kompetensi yang diindikasikan dari sikap dan perilakunya yang penuh dengan kesetiaan dan ketaatan kepada negara, bermoral dan bermental baik, profesional, sadar akan tanggung jawab sebagai pelayan publik, serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa.
Pendidikan dan pelatihan (diklat) mutlak sangat diperlukan untuk dapat membentuk sosok Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memiliki :
1. Sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada kepentingan masyarakat, bangsa, negara, dan tanah air.
2. Memiliki Kompetensi teknis, manajerial, dan/atau kepemimpinannya.
3. Efisiensi, efektifitas dan kualitas pelaksanaan tugas yang dilakukan dengan semangat kerjasama dan tanggung jawab sesuai dengan lingkungan kerja dan organisasinya.

Salah satu Diklat yang paling pertama sebelum seseorang secara resmi menjadi PNS adalah Diklat Prajabatan (golongan I, II, dan III), Diklat Prajabatan ini merupakan salah satu syarat mutlak untuk pengangkatan CPNS menjadi PNS. CPNS wajib diikutsertakan dalam Diklat Prajabatan selambat-lambatnya 2 (dua) tahun setelah pengangkatannya sebagai CPNS, diklat ini sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Pemerintah No. 101 Tahun 2000, memiliki tujuan:
1. Meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap untuk dapat melaksanakan tugas secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika Pegawai Negeri Sipil (PNS) sesuai dengan kebutuhan instansi.
2. Menciptakan aparatur yang mampu berperan sebagai pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa.
3. Memantapkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman, dan pemberdayaan masyarakat.
4. Menciptakan kesamaan visi dan dinamika pola pikir dalam melaksanakan tugas pemerintahan umum dan pembangunan demi terwujudnya kepemerintahan yang baik.

Alhamdulillah Kota Tasikmalaya pada hari Sabtu, 21 Nopember yang lalu telah selesai melaksanakan kegiatan Diklat Prajabatan Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan I, II dan III Honorer Kategori 2 TA 2015 yang diikuti sebanyak 211 orang peserta dan dinyatakan 100% lulus.
Semoga kegiatan ini bisa menjadi proses awal yang baik untuk membentuk PNS Kota Tasikmalaya yang memiliki kompetensi tinggi, memiliki sikap dan perilaku yang penuh dengan kesetiaan dan ketaatan kepada negara, bermoral dan bermental baik, profesional, sadar akan tanggung jawab sebagai pelayan publik, serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa.


Gallery Kegiatan :












































 










Sumber :



Share this article :

Posting Komentar